Penyebab Serangan Jantung Dan Cara Mecegahnya

Penyebab Serangan Jantung Yang Wajib Kamu Tahu Serta Cara Mencengahnya.

Penyebab serangan jantung yang wajib kamu tahu sehingga kamu bisa mencegah atau menghindarinya sejak dini.Serangan jantung merupakan pembunuh no.1 ,hal ini pernah di umumkan di Jenewa oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2018.Hal ini membuktikan bahwa serangan jantung masih sangat berbahaya dan mengancam keselamatan kita semua .Jaman dulu mungkin yang banyak mendapat serangan jantung adalah orang – orang yang berusia lanjut ,namun hal tersebut sekarang nampaknya sudah tidak relevan  lagi karena sekarang ini sudah sangat banyak kasus serangan jantung yang di alami oleh mereka yang masih berusia muda.

Penyebab Serangan Jantung

 

Pengertian Serangan Jantung

Serangan jantung atau bahasa lainnya sindrom koroner akut adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah.Dimana kondisi ini akan mengganggu  fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.Dalam dunia kedokteran serangan jantung disebut dengan infark miokard.

Aliran darah ke otot jantung yang terhambat mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Dan penyebab utama hal tersebut adalah penyakit jantung koroner,yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung(pembuluh darah koroner)yang terjadi akibat timbunan kolesterol yang membentuk plak di dinding pembuluh darah.Jika hal ini terjadi mencapai 80 persen,yang artinya hanya 20 persen saja yang dapat dilewati darah ,sehingga menyebabkan darah mengental atau menggumpal sehingga tidak ada darah yang bisa lewat ke jantung.

penyebab serangan jantung

Penyebab serangan jantung

Serangan jantung terjadi karena pasokan darah ke otot jantung terganggu. Jantung secara konstan membutuhkan pasokan darah yang mengandung oksigen, sama halnya dengan organ dan jaringan lain di dalam tubuh.

Jika jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, otot-otot jantung akan rusak dan akhirnya jantung tidak dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh.Beberapa penyebab terjadinya serangan jantung:

  • jantung koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Bila lemak makin menumpuk, maka arteri akan makin menyempit, dan membuat aliran darah ke jantung berkurang.

  • Penyalahgunaan NAPZA

NAPZA seperti kokain, amphetamine, dan methamphetamine, dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah koroner hingga memicu serangan jantung.

  • Kurangnya oksigen dalam darah (hipoksia)

Kadar oksigen dalam darah bisa menurun akibat keracunan karbon monoksida atau kerusakan fungsi paru-paru. Akibatnya, otot jantung akan kekurangan oksigen dan terjadi serangan jantung.

 

 

Artikel menarik lainnya: Penyakit kulit langka dan sangat sulit di sembuhkan

Gejala  – gejala  dari serangan jantung

Serangan jantung bisa muncul secara mendadak dengan beberapa gejala berikut:

  • Nyeri dada seperti tertekan atau tertindih. Gejala ini dapat menyebar ke daerah leher, rahang, lengan, atau punggung.
  • Sesak napas.
  • Keringat dingin.
  • Pusing.
  • Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, atau sakit perut.
  • Merasa sangat gelisah dan cemas.
  • Penurunan kesadaran.

Namun, serangan jantung tidak selalu muncul mendadak. Terkadang, beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya, penderita sudah merasakan nyeri dada  yang muncul saat penderita beraktivitas dan mereda saat beristirahat. Penderita serangan jantung juga bisa tidak mengalami gejala sama sekali, terutama pada penderita penyakit gula /diabetes wanita, dan orang yang sudah lanjut usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *